Thursday 9 March 2017

MENGOBATI GATAL TERKENA RUMPUT MALELA ( BANTAK )



Rumput bantak atau malela atau bahasa latinnya (Brachiaria mutica)  biasanya tumbuh di daerah curah hujan yang tinggi , Akar rumput malela (Brachiaria mutica (Forsk.) Stap.) termasuk sistem perakaran serabut, akar rumput malela keluar dari pangkal batangnya, jumlah akar rumput malela banyak dan ukurannya hampir sama besar, akar rumput malela memiliki banyak percabangan akar dan memiliki banyak rambut-rambut halus.Batang rumput malela (Brachiaria mutica (Forsk.) Stap.) bagian terbawah tumbuh menjalar atau terapung, bagian teratas tumbuh tegak, merayap atau menyandar, Daun rumput malela (Brachiaria mutica (Forsk.) Stap.) berbangun daun garis atau garis lanset, permukaan daun berambut jarang, ujungnya runcing, tepi daun berambut keras sehingga terasa kasar bila diraba.

rumput malela ini  sering tumbuh di parit parit depan rumah atau di samping rumah, nah permasalahanya apabila kita membersihkan parit lengan  kita terasa gatal yang luar biasa di waktu malam hari sehingga menimbulkan garis garis merah pada lengan, agar tidak menimbulkan gatal pada lengan,  lumuri minyak sayur begitu selesai membersihkan parit dan selesai mandi lumuri sekali lagi. insyaallah tidak akan gatal.
ini adalah pengalaman pribadi saya sewaktu  membersihkan parit depan rumah. ketika itu lengan saya terasa gatal yang luar biasa yang mengakibatkan lecet dan bergaris merah-merah ketika di garuk, setelah di beritahu oleh tetangga rasa gatal itu tidak pernah terjadi lagi.....

No comments:

Post a Comment