Thursday 4 May 2017

7 USAHA SAMPINGAN BERMODAL KECIL



Bekerja di instansi pemerintah atau di perusahaan memberikan keuntungan di satu sisi, yaitu adanya jaminan kesehatan dari perusahaan, gaji yang pasti setiap bulannya, jenjang karir, dan beberapa kelebihan lainnya. Menjadi karyawan apalagi dengan pangkat dan jabatan yang tinggi memang menyenangkan, bagaimana tidak? Gaji pokok besar, belum lagi bonus dan tunjangan-tunjangannya dan itu memang membuat siapapun betah di zona nyaman tersebut. Ada juga seperti jaminan kesehatan, jaminan hari tua, dll yang sangat menggoda siapapun untuk menjadi karyawan di perusahaan besar/ PNS.
Tetapi di sisi lain, juga ada  beberapa kekurangan menjadi seorang karyawan kantoran, seperti; peluang karir karyawan yang terbatas, Bayangan dipecat oleh atasan selalu menghantui jika target pekerjaan tidak tercapai, lebih-lebih jika kita bekerja sebagai dengan tipe outsourcing alias kerja kontrak maka jaminan-jaminan seperti jaminan kesehatan, dll kita tidak mendapatkannya., Belum lagi jika jumlah gaji yang tidak sesuai dengan beban pekerjaan yang diemban, jumlah gaji yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak persoalan yang lain membuat tidak sedikit karyawan yang mencoba untuk membuka usaha sendiri , dan mereka yang bekerja di kantoran sering merasa buntu dan jenuh dengan segala rutinitas mereka sebagai karyawan.
Banyak dari  mereka yang memutuskan untuk keluar dari zona nyaman mereka di kantor demi memulai sesuatu yang baru dan penuh tantangan dan banyak pula karyawan yang mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya. Kebanyakan dari mereka bisa menjalankan usaha sampingan tersebut sambil tetap bekerja di kantor, tapi banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadikan bisnis sampingan tadi menjadi sumber penghasilan utama mereka. dan meninggalkan dunia  kantoran mereka  untuk fokus ke bisnis yang menunjukkan potensi yang sangat baik. Membuka usaha sendiri ditengah kesibukan menjadi seorang karyawan memang tak mudah, kita harus pintar-pintar untUk membagi waktu  bekerja di kantor dengan membuka usaha.
Ketika kita bicara tentang peluang usaha sampingan, maka akan ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita manfaatkan yang ternyata ada di sekitar kita. Seringkali kita tidak menyadari peluang bisnis sampingan ini karena kita terlalu fokus pada pekerjaan di kantor. Bila Anda adalah seorang karyawan dan mencari peluang bisnis sampingan maka Anda perlu memperhatihkan peluang bisnis di bawah ini.

1.  Membuat Website
keahlian membuat web mempunyai  potensi bisnis cukup besar. karena Saat ini semakin banyak para pelaku bisnis ataupun perorangan yang ingin memiliki website atau blog tapi mereka tidak memiliki keahlian untuk membuatnya. Tentu saja ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Untuk harganya, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan Anda dan desain website yang Anda kerjakan.

2. Menjual pulsa

Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjajikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler.. Jika Anda ingin berbisnis pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak merepotkan.
Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang Anda sediakan tidaklah terlalu besar. Calon konsumen Anda bisa saja teman sepekerjaan atau tetangga rumah Anda.

3. Membuat blog

ngeblog bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan. Pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog adalah postingan berkualitas. Anda bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan Anda sekarang. Sebagai contoh, jika Anda bekerja sebagai karyawan perpajakan , Anda bisa membuat blog dengan topik pajak. Strategi ini akan memudahkan Anda dalam pembuatan postingan. Mengapa? Sederhana saja, karena Anda sudah tahu dan mengalami apa yang hendak ditulis.

4. Jasa Laundry

Sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakain. Ini adalah peluang bagi Anda yang ingin memulai jasa laundry.
Agar menguntungkan, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya cari tempat yang banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil). Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau keuntungan yang akan Anda peroleh sebesar 20%-30% (asumsi tarif laundry Rp7.500 s.d Rp10.000 per kilogram).
Untuk urusan modal, Anda cukup punya uang Rp10 juta. Malahan, menurut beberapa artikel yang saya baca, Anda bisa memulainya dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan gaji seorang pegawai (Rp400 ribu s.d Rp 900 ribu  per bulan).

5. Makelar properti/tanah

Di lingkungan tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru? Jika ya, Anda bisa menjadi makelar properti  atau tanah tersebut dengan menawarkan ke teman-teman kerja Anda. Tentu saja, Anda harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti atau yang punya tanah tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda bisa menjualnya
Untuk menjadi makelar i, Anda tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti. Selain itu, Anda mesti memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lancar menawarkan  ke teman-teman kerja Anda atau orang lain.

6. Jual beli motor bekas

Jual beli motor bekas bisa juga Anda coba untuk memulai bisnis sampingan. Selain tidak merepotkan, Untuk memulai jual beli motor, Anda tidak mesti memiliki modal besar. Bahkan, Anda tidak perlu modal uang jika Anda sebagai makelar. Cukup dengan modal kepercayaan saja, Anda bisa meraup sejumlah keuntungan. Misalnya, motor bekas milik tetangga Anda tawarkan ke sejumlah rekan kerja Anda. Salah satu dari mereka membeli motor tersebut sehingga Anda mendapatkan sejumlah keuntungan. Belum lagi bila Anda mendapat komisi dari pemiliki motor tersebut.

7. Jasa cuci motor

Di lingkungan Anda banyak pemilik motor? Mengapa tidak Anda coba membuat jasa cuci motor. Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor. Sementara itu, dari sisi modal boleh di bilang sangalah  kecil.


Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat Anda dalam memiliki usaha sampingan karena banyak usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil.

No comments:

Post a Comment